Contoh Laporan Prakerin SMK Jurusan TBSM Tahun 2019

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Maksud PKL
Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah kegiatan yang sangat penting bagi siswa SMK. Dengan diadakannya kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini siswa dapat mengenal dunia kerja maupun dunia usaha yang sebenernya dan kelak dapat bekerja secara mandiri maupun berwirausaha.
Dengan program Pendidikan Sistem Ganda (PKL) selain siswa belajar di sekolah, siswa juga dapat belajar di luar sekolah yaitu dengan kegiatan PKL ini. Siswa dapat mempraktikan pelajaran yang diperoleh di sekolah, dunia kerja dan dunia usaha secara langsung.

Harapan dari kegiatan penyelenggaraan praktik di Dunia Usaha dan Dunia Industri, siswa akan memiliki etos kerja yang mumpuni meliputi kemampuan kerja, motivasi, inisiatif, kreatif hasil pekerjaan yang berkualitas disiplin waktu dan kerja serta rajin dalam bekerja.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan unsur dunia pendidikan yang secara khusus membidangi bidang kejuruan. Tujuan utama dari pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan tenaga kerja tingkat Menengah yang terampil dan sesuai dengan kualifikasi dunia kerja pengguna tamatan.

SMK Ulil albab adalah salah satu SMK teknologi dan industri yang ada di  kota Cirebon dalam upaya membantu pemerintah dalam menciptakan SDM yang berkualitas melalui pengembangan kegiatan belajar mengajar (KBM).

Alasan memilih Badan  Kepegawaian  dan  Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai tempat PKL karena fasilitas memadai, lingkungan kerja yang bersih, adanya dukungan dan dorongan dari orang tua, dan teman-teman untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL), perusahaan yang turut mendukung dan menerima penulis untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan cara membimbing dan mengajarkannya.

1.2    Tujuan PKL

Tujuan Praktik Kerja Lapangan ini (PKL) pada dasarnya adalah memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk Mendalami dan Menghayati situasi dan kondisi Dunia Usaha yang sesuai dengan Program Studinya dalam situasi sebenarnya agar dapat :

1.    Menghasilkan tenaga kerja yang memeiliki keahlian profesional di bidang Administrasi Perkantoran serta memiliki tingkat Pengetahuan, Keterampilan dan Etos Kerja yang sesuai dengan tuntunan kerja.
2.    Memperkokoh Link and Match (Kesepadanan) antara sekolah sebagai pencetak sumber daya manusia dengan dunia usaha sebagai pengguna sumber daya manusia (SDM).
3.    Meningkatkan Efesiensi proses Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja yang berkualitas profesional.
4.    Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja.

1.3    Manfaat PKL
Manfaat yang dirasakan setelah proses penyelesaian Laporan dan Pelaksanaan PKL diantaranya :
1.    Seorang siswa akan lebih terbiasa dengan lingkungan dunia usaha / industri sesuai dengan bidangnya.
2.    Mendapat pelatihan yang benar dalam setiap pekerjaan yang telah dikerjakannya.
3.    Meningkatkan etos kerja dan loyalitas terhadap pekerjaan
4.    Menjadikan seseorang yang bertanggung jawab atas apa yang sudah atau sedang dikerjakan.

Baca juga :Contoh Tata Tertib Guru
                  Contoh Soal UTS Teknologi Dasar Otomotif SMK
BAB II
PROSES PELAKSANAAN

2.4    Waktu dan Tempat PKL
2.4.1    Waktu PKL
Dalam melaksanakan Pendidikan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Saya melaksanakanya sesuai dengan jadwal dan waktu yang di tentukan yaitu mulai tanggal 1 Juli s/d 30 September 2019 dengan jadwal jam kerja sebagai berikut:

2.4.2    Tempat PKL
Agar dapat menghasilkan tamatan siswa yang mempunyai keahlian di bidangnya, terutama di bidang Teknik Otomotif maka SMK ULIL ALBAB DEPOK telah menerapkan dan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk dapat mempraktikan langsung di dunia usaha. Pelaksanaan pendidikan Praktik Kerja Lapangan yang dipilih oleh penyusun di  Sumber Rejeki Motor  pada Ganti Kampas Kopling Yamaha Vixion  dibengkel SUMBER REJEKI MOTOR  yang beralamatkan di Jl. Raya Jamblang No. 12 Cirebon.

2.5    Profil DU/DI
2.5.1    Gambaran Umum DU/DI
Usaha bengkel motor “Sumber Rejeki Motor ” ini didirikan pada pertengahan  tahun  2010 yang beralamat di Jl. Raya Jamblang No. 12 Kabupaten Cirebon. Pada awalnya bengkel ini dijalankan sendiri oleh pemilik bengkel. Kemudian berkembang dan sekarang sudah memiliki 2 orang karyawan sebagai mekanik sepeda motor. Bagian administrasi dan logistik spare part masih dilaksanakan oleh pemilik bengkel.

Modal yang digunakan pada saat membuka bengkel motor ini sekitar 50 juta, dimana tempat yang digunakan untuk usaha bengkel ini merupakan tempat sendiri. Sehingga uang modal yang digunakan hanya untuk membeli perlengkapan bengkel dan spare part sepeda motor.

Visi dan Misi Bengkel “Sumber Rejeki Motor ”
Visi Perusahaan :
  • Terbaik dalam pelayanan servis di bengkel
  • Terkenal dalam menangani segala macam problem motor
  • Terkemuka dan nomor satu di Cirebon

Misi Perusahaan :
  • Mewujudkan pelayanan servis yang profesional
  • Mewujudkan keahlian mekanik dalam menangani masalah
  • Mewujudkan ketepatan analisis dalam menentukan suatu kerusakan
  • Mewujudkan daya tarik seluruh masyarakat ke bengkel ini
2.5.2    STRUKTUR ORGANISASI

2.5.3    Kegiatan Usaha
Adapun kegiatan usaha di Bengkel SUMBER REJEKI MOTOR  yaitu pemeliharaan dan perawatan sepeda motor seperti service ringan, ganti oli, tune up, dan lain-lain.

2.5.4    Inventarisasi Peralatan DU/DI
Adapun peralatan Bengkel SUMBER REJEKI MOTOR  diantaranya sebagai berikut:
  1. Kompresor    1 unit
  2. Airgun    4 unit
  3. Ragum    1 unit
  4. Gerinda    1 unit
  5. Tabung injector Cleanner    1 unit
  6. HIDS    1 unit
  7. DLC Short Connector    1 unit
  8. Nampan    10 unit
  9. Flywheel holder    1 unit
  10. Kunci Shock 12-24    1 set
  11. Kunci T 8-17    1 set
  12. Kunci Pass 8-17    1 set
  13. Kunci ring 8-24    1 set
  14. Obeng setting    4 buah
  15. Obeng +     4 buah
  16. Obeng -    4 buah
  17. Palu    3 buah
  18. Tang kombinasi    3 unit
  19. Tang potong    2 unit
  20. Tang cucut    3 unit
  21. Kunci L Hexagonal    1 set
  22. Kunci L bintang    2 unit
  23. Obeng Ketok    1 set
  24. Kunci Inggris    1 buah
  25. Kunci Gusi    2 unit
  26. Prosedur Operasional Standar
Isi Materi Kegiatan PKL
Pelaksanaan PKL yang dilaksanakan pada tanggal 01 Juli 2019 sampai dengan tanggal 30 September 2019 di Bengkel SUMBER REJEKI MOTOR   Penulis melaksanakan kegiatan sebagai berikut :
2.3.1 Keselamatan Kerja
a.    Gunakan susai dengan fungsi/SOP.
b.    Serius dalam bekerja.
c.    Bekerja sesuai dengan prosedur.
d.    Konsentrasi dalam bekerja.
e.    Menjaga kulitas hasil kerja.
f.    Menggunakan pakaian kerja.



2.3.2. Menyetel Rem  Yamaha Vixion
a.    Peralatan dan bahan-bahan untuk menyetel Rem Kopling Yamaha Vixion
1.    Dua buah kunci ring 17 (bisa 14 17 dan 17 19)
2.    Kunci pas 12
b.    Langkah Kerja Penggantian Kampas Kopling Yamaha Vixion
1.    Pakai standar tengah
Gunakan standar tengah agar roda belakang motor bisa terangkat sehingga penyetelan rantai bisa berlangsung dengan mudah.
2.    Kendorkan mur as roda

Langkah pertama, letakan kunci ring pada kedua mur as roda (kiri dan kanan) putar salah satu kunci, biasanya saat awal mengendorkan akan terasa sangat keras. Sehingga anda perlu mengentak kunci, kalau mur berhasil berputar tahan mur as roda lainnya agar as roda bisa kita kendorkan.
Pastikan anda mengendorkan mur roda sewajarnya saja, karena kita tidak akan melepas roda belakang kita hanya membuat roda belakang bisa dimaju mundurkan.

3.    Kendorkan baut breaket caliper rem belakang (khusus dual disc brake)

Khusus untuk motor dengan sistem rem dual disc brake atau rem belakang menggunakan cakram, anda perlu mengendorkan baut brekater caliper rem. Baut ini terletak pada swing arm suspensi belakang pada sisi kanan. Anda bisa melepasnya menggunakan kunci ring atau kalau sulit anda mungkin perlu kunci shock.

4.    Putar mur adjuster rantai

Setelah semua baut terikat sudah dikendorkan, baru kita bisa melakukan penyetelan rantai. Untuk menyetelnya, anda hanya perlu memutar dua buah mur adjuster yang terletak dibagian ujung swing arm suspensi belakang.

Karena ada dua mur, anda harus memutarnya sama persis artinya kalau anda memutar mur adjuster kiri dua putaran maka putar juga mur adjuster kanan dua putaran. Kalau berbeda, akibatnya roda belakang kurang center sehingga bisa menimbulkan masalah baru.
Tipsnya, jangan langsung memutar mur adjuster dengan banyak putaran sekaligus tapi lakukan secara bertahap. Putar searah jarum jam untuk mengencangkan rantai.
•    Pertama, putar dua putaran pada mur adjuster kiri dan kanan.
•    Tes rantai menggunakan tangan apakah kira-kira rantai masih kendor atau sudah kencang.
•    Tes juga dengan memutar roda belakang apakah masih timbul bunyi berisik atau tidak.
•    Kalau masih kendor putar kembali mur adjuster kiri dan kanan dua putaran.
•    Lakukan cara ini secara bertahap hingga anda menemui setelan rantai yang anda anggap pas.

5.    Kencangkan kembali semua mur dan baut

Setelah anda menemukan setelan rantai yang anda rasa pas, kencangkan mur as roda dan kencangkan juga baut breaket caliper rem.
Khusus untuk motor bebek atau motor dengan rem belakang menggunakan rem tromol, anda perlu menyetel ulang rem tromol setelah menyetel rantai. Ini karena setelah penyetelan rantai, posisi roda belakang akan semakin ke belakang sehingga rem tromol akan tertarik lebih dalam.
Akibatnya putaran roda belakang akan sedikit tertahan oleh rem. Oleh sebab itu, kendorkan sedikit rem tromol hingga putaran roda belakang lebih bebas.



2.3.3   Membersihkan CVT Motor Beat PGM F1
a.    Peralatan dan bahan-bahan untuk membersihkan CVT Motor PGM F1
1.    Kunci shock 8
2.    Kunci ring
3.    Kunci shock 22
4.    Kunci shock 19
5.    Kunci mur kopling 39
6.    Alat penahan pulley
7.    Alat penahan per kopling

b.    Langkah Kerja membersihkan CVT Motor Beat PGM F1
1.    Buka cover cvt menggunakan kunci shock 8
2.    Buka pulley primer menggunakan kunci ring / kunci shock 22, bagian dalam pulley ditahan pakai baut
3.    Lepaskan face drive dan face comp.
4.    Buka mur driven pulley (pulley belakang) dengan menggunakan kunci shock 19 dan  alat penahan pulley
5.    Buka outer comp clutch dan kendorkan mur kopling jangan sampai lepas, menggunakan kunci mur kopling 39 dan ditahan pakai alat penahan pulley
6.    Lepas pulley sekender dan belt. Tahan per kopling dengan alat penahan per kopling lalu buka mur kopling pakai tangan tidak perlu pakai kunci karena sebelumnya sudah dikendorkan dilangkah kelima.
7.    Setelah semua komponen cvt sudah dibuka lalu dibersihkan satu persatu, untuk permukaan pulley yang bersinggungan dengan belt, kopling dan rumah kopling jangan dibersihkan pakai bensin cukup dibersikan dgn lap kering yg bersih.

2.3.5     Ganti oli mesin motor PGM F1
a.    Peralatan dan bahan-bahan untuk mengganti oli mesin motor Beat PGM F1
1.    Kunci Pas,
2.    Lap Kering
3.    Wadah Penampung Oli Bekas
4.    Pelumas Pengganti

b.    Langkah Kerja mengganti oli mesin motor  Beat PGM F1
1.    Buka Baut Penguras Oli
Tempatkan dahulu wadah penampung oli bekas di bawah lubang pembuangan oli dan kemudian bukalah baut penutup lubang pembuangan oli dengan kunci pas/ring. Untuk makin memperlancar pembuangan olinya jangan lupa membuka juga stik pengisian oli.
Biarkan oli mengalir dengan sendirinya dan tunggu hingga habis. Jika di bengkel memang sudah menjadi kebiasaan untuk mempercepat oli keluar,mereka menyemprotnya menggunaka angin kompresor. Padahal tindakan ini kurang bagus, sebab akan menyebabkan kotoran yang mengendap justru menyebar kembali ke bagian mesin.
2.    Pasang kembali Baut Penguras Oli
Jika oli sudah habis menetes ke bak penampungan, pasang kembali baut penutup. Tetapi sebelumnya, gunakan kain lap untuk membersihkan sisa oli di lubang pembungan dan bersihkan juga baut penutupnya dari kotoran, debu dan pasir.
Pasang kembali bautnya namun jangan terlalu keras saat mengencangkannya karena ditakutkan akan patah atau drat menjadi rusak dan baut malah tidak bisa dikencangkan sehingga oli pun bocor.

3.    Tuangkan Oli
Setelah yakin semuanya bersih, cek kembali baut saluran pembuangan oli apakah sudah kencang, kemudian masukkan oli sesuai takaran pada lubang pengisian. Langkah terakhir, bersihkan sisa-sisa oli yang tertinggal baik di sekitar mesin maupun bagian lainnya menggunakan kain lap.

BAB III
HASIL YANG DICAPAI

3.1    Faktor Pendukung
Ada beberapa faktor pendukung yang membantu kami selama melaksanakan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Bengkel SUMBER REJEKI MOTOR  .
1.    Karyawan yang baik dan ramah
Karyawan di Bengkel SUMBER REJEKI MOTOR   yang baik dan ramah membuat kami tidak membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.
2.    Fasilitas yang memadai
Fasilitas yang terdapat di Bengkel SUMBER REJEKI MOTOR   sangat memadai sehingga kami bisa mengerjakan tugas dengan cepat.

3.2    Faktor Penghambat
Dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada berbagai hambatan. Begitu pula dengan kami yang baru mengenal dunia kerja, kami juga mengalami berbagai hambatan. Hambatan-hanbatan tersebut antara lain :
1.    Kurangnya Pengalaman
Pengalaman merupakan kunci bagi keberhasilan suatu pekerjaan yang dilakukan. Kami belum begitu berpengalaman sehingga perkejaan yang kami  kerjakan kadang tersendat-sendat.
2.    Kurangnya ketrampilan dan kreativitas siswa
Ketrampilan dan kreativitas kami masih kurang karena kami baru terjun ke lapangan kerja.
3.    Kurang Menguasai Peralatan
Ada beberapa peralatan yang belum kami kuasai. Sehingga kami harus meluangkan waktu untuk berlatih terlebih dahulu.

4.    Teori dan Praktek yang tidak sesuai
Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah dengan pelaksanaan atau praktek pekerjaan yang sesungguhnya di lapangan menyebabkan hasil yang dicapai kurang maksimal dalam pelaksanaannya.

3.3    Upaya Penanggulan Masalah
1)    Kurangnya perhatian pihak sekolah terhadap siswa yang PKL.
2)    Banyak teori namun jarang melakukan praktik karena fasilitas sekolah yang kurang memadai.
3)    Kurangnya fasilitas yang dibutuhkan dalam program Perbengkelan

3.4    Pengembangan/Tindak Lanjut
1)    Seharusnya pihak sekolah menjalin kerjasama yang baik terhadap tempat PKL sehingga memudahkan pihak tempat PKL dalam membuat keputusan penerimaan banyak siswa yang ditugaskan.
2)    Seharusnya pihak sekolah banyak meluangkan waktu  lebih untuk sering menjenguk para siswa yang PKL.
3)    Seharusnya pihak sekolah melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam program perbengkelan.

Demikianlah artikel tentang Contoh Laporan Prakerin SMK Jurusan TBSM Tahun 2019. semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sedang mencari referensi laporan prakerin.

0 Response to "Contoh Laporan Prakerin SMK Jurusan TBSM Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel