REM HIDRAULIK SEPEDA MOTOR DAN PERAWATANNYA MATERI PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR SMK TBSM KELAS XI

 Hello sobat semua, selamat datang di blog shareilmupendidikan.xyz. pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi dalam pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor SMK jurusan TBSM Kelas XI. Pada artikel ini akan dibahas rangkuman materi dari bab REM HIDRAULIK SEPEDA MOTOR DAN PERAWATANNYA MATERI PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR SMK TBSM KELAS XI.

Berikut rangkuman materinya.

Sistem  Rem Hidrolik

sistem kerja rem hidraulik sepeda motor


Sistem rem hidrolik merupakan suatu sistem pengereman pada sepeda motor yang menggunakan  cairan (  minyak rem)  sebagai penghantar  atau penerus gerakan dalam bekerjanya. berdasarkan kalipernya,  rem cakram hidrolik terbagi menjadi dua tipe,   yaitu  tipe fixed  caliper,  dan floating caliper.  rem cakram hidrolik memiliki beberapa komponen,  yaitu  handle rem, Master silinder rem, reservoir tank,  selang rem,  minyak rem,  kaliper,  cakram Rem,  dan kampas rem.

Prinsip kerja rem cakram hidrolik adalah saat tuas rem ditekan, minyak rem ditekan oleh piston pada Master silinder. pada saat rem tertekan, kampas rem akan ikut menekan piringan cakram . Kondisi ini dapat terjadi bergantung juga pada  Gaya tekan yang diberikan pengendara terhadap tuas rem.  semakin  kuat tekanan yang  diberikan pada tuas rem,  semua tinggi pula gak pengereman nya.

Analisis gangguan pada sistem rem hidrolik antara lain sebagai berikut:

1. Handle rem terasa lunak,    dapat  disebabkan oleh adanya kebocoran pada sistem rem hidrolik,  ada udara dalam sistem rem hidrolik,  kampas rem terkontaminasi,   keausan komponen,  perubahan bentuk pada cakram,  handle rem bengkok,  tinggi permukaan minyak rem rendah,  kaliper tidak meluncur dengan baik,  dan saluran minyak tersumbat.

2. Rem mengunci/ tidak kembali  bebas bekerja,  dapat disebabkan oleh kampas rem yang sangat Aus,  cakram rem yang sangat aus,  kaliper tidak meluncur dengan benar,  roda depan terpasang miring,  adanya kontaminasi pada kampas rem atau cakram rem,  perubahan bentuk pada cakram rem,  saluran lintasan minyak rem tersumbat,  piston kaliper macet,  dan Kabel penghubung tidak disetel dengan benar.

3. Handle rem terlalu keras,  dapat disebabkan oleh sistem rem terhambat atau tersumbat, seal  pada piston kaliper aus,  Master silinder piston macet atau aus,   serta  kaliper tidak meluncur dengan benar.

Perawatan dan perbaikan sistem rem cakram hidrolik,  yaitu sebagai berikut.

1. kinerja rem cakram hidrolik

2. kampas rem.

 a. pemeriksaan keausan kampas rem

 b. pelepasan kampas rem dari kaliper

 c. pemeriksaan dan perawatan kampas rem

 d. pemasangan kampas rem pada kaliper

3.  minyak rem

 a. pemeriksaan minyak rem

 b. keselamatan kerja saat bekerja menggunakan minyak rem

 c. pembuangan minyak rem

 d. pengisian minyak rem

 e. pembuangan angin palsu

4.  pemeriksaan cakram rem

5.   Master silinder rem

6.  kaliper rem

 a. pelepasan kaliper rem

 b. pemeriksaan kaliper rem

 c. pemasangan kaliper rem 

Demikian artikel tentang rem hidraulik sepeda motor dan perawatannya pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor smk tbsm kelas xi. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca.

0 Response to "REM HIDRAULIK SEPEDA MOTOR DAN PERAWATANNYA MATERI PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR SMK TBSM KELAS XI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel