CONTOH LAPORAN PPL KEGIATAN PPG 2020
Laporan PPL PPG 2020 - Halo sobat guru semuanya pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk kawan-kawan semua yang sedang mengikuti PPG. Dalam tahapan kegiatan PPG salah satunya yaitu PPL, pada tulisan ini kami ingin berbagi contoh laporan PPL dalam pelaksanaan PPG yang saya ikuti pada tahun 2020. Berikut contoh laporan PPLnya.

LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN
SMK ULIL ALBAB CIREBON
DISUSUN OLEH
IWAN FIRGIAWAN
205075015
BIDANG STUDI MATEMATIKA
PENDIDIKAN PROFESI GURU
UNIVERSITAS PASUNDAN
2020
HALAMAN PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa mahasiswa berikut :
Nama : Iwan Firgiawan
NIM : 205075015
Bidang Studi : Matematika
Telah melaksanakan kegiatan PPL PPG Dalam Jabatan Tahun 2020 di SMK Ulil Albab Cirebon dari tanggal 14 Oktober sampai dengan tanggal 16 November 2020. Hasil kegiatan tercakup dalam naskah laporan ini.Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini telah disetujui dan disahkan oleh:
Cirebon, 25 November 2020
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Guru Pamong PPL
Subaryo, S.Pd.,M.Pd Hj. Nunung Nuraeni, M.Pd
Mengetahui,
Kepala SMK Ulil Albab
Hj. Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd
HALAMAN PENILAIAN
Berdasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan dan orientasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Ulil Albab Cirebon, terutama dalam hal sebagai berikut:
a. Kedisiplinan dalam menjalankan tugas
b. Kelancaran mahasiswa dalam melaksanakan tiap-tiap kegiatan dengan petunjuk dari guru pamong dan dosen pembimbing.
c. Kualitas dan kuantitas serta hasil kegiatan yang ditulis dalam pencatatan naskah laporan ini.
Maka dosen dan guru pamong memberikan nilai kepada kegiatan ini sebagai berikut:
Cirebon, 25 November 2020
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Guru Pamong PPL
Subaryo, S.Pd.,M.Pd Hj. Nunung Nuraeni, M.Pd
Mengetahui,
Kepala SMK Ulil Albab
Hj. Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia- Nya, sehingga Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Ulil Albab Cirebon dapat terselesaikan. Laporan ini disusun sebagai salah satu persyaratan menempuh kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2020 Program Studi Matematika Universitas Pasundan.
Laporan ini dapat terselesaikan tidak lepas dari dukungan dan bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1. Bapak Subaryo, S.Pd.,M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini.
2. Ibu Hj. Nunung Nuraeni, M.Pd selaku guru pamong dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini.
3. Bapak ibu dosen Universitas Pasundanyang telah membimbing selama kegiatan PPG Dalam Jabatan2020 Angkatan 1.
4. Ibu Hj. Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd., selaku Kepala SMK Ulil Albab Cirebon.
5. Bapak ibu mahasiswa PPG Dalam Jabatan2020Angkatan 1 Universitas Pasundan yang selalu memberikan dukungan dan masukan selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini.
Dalam penulisan laporan ini terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna memperbaiki laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa maupun civitas akademik SMK Ulil Albab Cirebon.
Cirebon, 25 November 2020
Penulis
Iwan Firgiawan
NIM 205075015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Analisis Situasi
a. Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2020. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa melaksanakan tugas- tugas kependidikan tenaga pendidik dalam hal ini guru yang meliputi kegiatan praktik mengajar atau kegiatan kependidikan lainnya. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum terjun kembali ke dunia kependidikansepenuhnya.
Pengalaman-pengalaman yang diperoleh selama PPL diharapkan dapat dipakai sebagai bekal untuk membentuk guruyang profesional. Melihat latar belakang yang ada, mahasiswa melaksanakan PPL di tempat yang telah disetujui oleh pihak Universitas Pasundan, yaitu SMK Ulil Albab Cirebon.
b. Tujuan
Tujuan dari PPL iniadalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolahatau lembaga pendidikan.
c. Manfaat
Secara garis besar, manfaat yang diharapkan dari Praktik Pengalaman Lapangan, antara lain:
a. Bagi Mahasiswa
1) Menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau di lembaga.
2) Memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di sekolahataulembaga pendidikan.
3) Memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolahatau lembaga pendidikan.
4) Memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan olahraga di sekolahataulembaga pendidikan.
5) Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berperan sebagai motivator, dinamisator, dan membantu pemikiran sebagai problem solver terhadap siswa dan warga sekolah.
b. Bagi Sekolah
1) Memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yangprofesional.
2) Mendapatkan bantuan pemikiran, tenaga, ilmu, dan teknologi dalam merencanakan serta melaksanakan pengembangan sekolahatau lembaga pendidikan.
3) Meningkatkan hubungan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekitar sekolahataulembaga pendidikan.
B. Perumusan Program Dan Rancangan Kegiatan
a. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan PPL dilaksanakan selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 14 Oktober 2020 sampai dengan 16 November 2020, adapun jadwal pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Ulil Albab dapat dilihat pada tabelberikut:
b. Tempat Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan PPL mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2020 yaitu di sekolah asal tempat mahasiswa mengajar, karena kondisi pandemi Covid-19 pada saat PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan PPL di SMK Ulil Albab Cirebon.
c. Jenis Rancangan Kegiatan
Kegiatan awal yang dilakukan mahasiswa selama menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah observasi pembelajaran di kelas pada saat guru mengajar. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang kondisi kelas, peserta didik, dan selanjutnya dapat menyusun perangkat pembelajaran yang diperlukan.
Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diperlukan adanya persiapan penyusunan rencana kegiatan agar PPL dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan yang akan dilakukan selama PPL antara lain, kegiatan pembelajaran di kelas secara daring, kegiatan di luar pembelajaran misalnya menjadi guru piket dan membantu unit Tata Usaha menulis buku induk.Rencana kegiatan persiapan PPL yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dilakukan selama proses Workshop secara daring di Universitas Pasundan antara lain penyusunan RPP, bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media pembelajaran, dan perencanaan evaluasi pembelajaran. Selain itu, untuk melengkapi mahasiswa juga membuat perangkat pembelajaran yang belum ada yang disesuaikan dengan materi yang sedang berjalan di tempat PPL berlangsung.
Kegiatan PPL ini diwujudkan mahasiswa guna mengasah ketrampilan mengajar serta mengabdikan diri pada masyarakat pendidikan. Perumusan program PPL kemudian disusun dalam rancangan kegiatan yang terdiri dari program sebagai berikut ;
1. Kegiatan Belajar Mengajar
a. Persiapan
Kegiatan persiapan dilakukan sebelum melaksanakan praktik mengajar, program yang akan dilakukan dalam persiapan diantaranya:
1) Mahasiswa mempersiapkan perangkat pembelajaran.
2) Merancang pembentukan kelompok-kelompok kecil dan memilih satu peserta didik untuk menjadi tutor dalam kelompoknya.
3) Mahasiswa meyiapkan aplikasi yang akan dipakai pada saat pembelajaran daring.
4) Mempersiapkan alat evaluasi pada akhir pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.
b. Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan terdapat beberapa program yang direncanakan yaitu:
Mengajar di kelas secara daring dengan model dan media pembelajaran yang sesuai. Kegiatan praktik mengajar bertujuan untuk mempersiapkan, memberi pengalaman, dan mengembangkan kemampuan mahasiswa sebagai guru profesional, sebelum mahasiswa tersebut terjun ke dunia pendidikan sebagai pendidik. Metode yang digunakan dalam praktik mengajar di kelas disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Selain sesuai materi yang disampaikan model pembelajaran juga harus sesuai dengan situasi dan keadaan kelas. Untuk itu, model pembelajaran yang direncanakan dalam mengajar di kelas adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Dalam praktik mengajar di kelas, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengampu kelas XI MP mata pelajaran Matematika.
c. Evaluasi dan Tindak Lanjut
Dalam kegiatan evaluasi dan tindak lanjut, program yang direncanakan diantaranya yaitu :
1) Memberikan tugas-tugas harian : tugas harian bertujuan untuk mengasah ketrampilan siswa dan memberikan pemahaman materi pada siswa. Tugas-tugas harian diberikan pada setiap pertemuan yang berkaitan dengan materi yang sedang disampaikan. Tugas harian yang akan diberikan adalah berupa soal latihan dalam bentuk LKPD.
2) Menyiapkan evaluasi : bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai materi yang telahdisampaikan.
3) Mengoreksi tugas-tugas harian dan evaluasi : kegiatan koreksi bertujuan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran apakah kemampuan siswa benar-benar mencapai kompetensi yang diinginkan. Dalam pengoreksian tugas sebelumnya dilakukan penentuan standar penilaian agar proses pengoreksian dapat berjalan dan memberikan hasil yang sesuai kemampuansiswa.
4) Konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong PPL : Selama kegiatan praktik mengajar, mahasiswa mendapat bimbingan dari dosen pembimbinglapangan dan guru pamong PPL.
Dalam kegiatan praktik pengalaman lapangan, dosen pembimbing lapangan dan guru pamong PPL sangat berperan dalam kelancaran penyampaian materi. Dosen pembimbinglapangan dan guru pamong PPLmemberikan saran dan kritik kepada mahasiswa setelah selesai melakukan praktik mengajar sebagai evaluasi dan perbaikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya. Dosen pembimbinglapangan dan guru pamong PPLjuga memberikan masukan tentang cara memecahkan persoalan yang dialami mahasiswa dalam melakukan prosespembelajaran.
2. Pembuatan Laporan PPL
a. Persiapan
1) Mempelajari buku panduan PPL: mempelajari buku panduan PPL dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa bisa memahami bagaimana langkah-langkah penyusunan laporan dan bagaimana prosedur PPL. Kegiatan ini dilakukan sebelum dan setelahPPL.
2) Mempelajari contoh laporan PPL : dengan mempelajari contoh laporan PPL bertujuan untuk memudahkan dalam penyusunan laporan dengan adanya referensi contoh laporantersebut.
b. Pelaksanaan
Pembuatan laporan PPL : pembuatan/penyusunan laporan merupakan tugas akhir dari pelaksanaan PPL dan merupakan pertanggungjawaban atas pelaksanaan PPL. Data yang digunakan untuk menyusun laporan diperoleh melalui praktik mengajar maupun praktik persekolahan. Hasil dari laporan ini diharapkan selesai dan dikumpulkan atau untuk disahkan sesuai dengan waktu yangditentukan
c. Evaluasi dan tindaklanjut
1) Konsultasi dengan DPL dan guru pamong PPL : kegiatan ini bertujuan untuk mengkonsultasikan laporan yang akan dibuat agar sesuai prosedur yangditentukan.
2) Pengumpulan laporan PPL ke DPL PPL : pengumpulan laporan PPL dilakukan sebagai bentuk nyata dari telah dilaksanakannya PPL.
BAB II
GAMBARAN UMUM SEKOLAH
A. Riwayat Singkat Sekolah
SMK Ulil Albab adalah salah satu sekolah unggulan di Jawa Barat dengan semua jurusan program keahlian terakreditasi “A” (kategori sekolah terbaik) yaitu program keahlian Tehnik Komputer dan Jaringan, Tehnik Bisnis Sepeda Motor, Tata Busana, Perhotelan, Farmasi, Perbankan, Multimedia, Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran. SMK Ulil Albab juga memproyeksikan lulusannya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja ke industri dan membuka bisnis mandiri.Hal ini ditunjang dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang profesional di bidangnya, sehingga menjadi keunggulan lembaga SMK Ulil Albab
1. Visi SMK Ulil Albab
Menjadi Lembaga Pendidikan terdepan dalam mencetak sumber daya manusia professional, siap kerja, maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan berlandaskan akhlak yang mulia.
2. Misi SMK Ulil Albab
a. Menyelenggarakan program studi dengan kurikulum yang aktual dan up to date mengikuti perkembangan dunia industri dan bisnis global.
b. Dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dan dapat berkompetisi di perusahaan nasional maupun multi nasional.
c. Mampu mengikuti perkembangan dunia industri dan penanaman jiwa leadership.
3. Tujuan Pendidikan Sekolah
Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Ulil Albab mempunyai tujuan sebagai berikut :
a. Terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta inovasi terbaru, sehingga diperoleh hasil (out put) yang diharapkan.
b. Tersedianya sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar yang memadai, sehingga memiliki daya dukung yang optimal terhadap terlaksananya kegiatan belajar mengajar.
c. Tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, memenuhi standar dan berkompetensi tinggi.
d. Terlaksananya tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari semua komponen sekolah (kepala sekolah, guru, karyawan dan taruna/i).
e. Terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah, baik pegawai maupun taruna/i.
f. Terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang handal (guru, taruna/i dan pegawai).
B. Profil Sekolah
1. Profil Umum SMK Ulil Albab
SMK Ulil Albab merupakan sekolah pelopor dalam menyiapkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang profesional, handal dan berakhlak mulia. Lahir dari keinginan masyarakat yang mendambakan sekolah yang berkualitas prima dengan biaya terjangkau. Didukung ratusan mitra industri dari perusahaan Nasional dan Multinasional memantapkan Ulil Albab sebagai Sekolah pilihan, sekolah masa depan.
2. Legalitas
Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 20214818
3. Akreditasi
SMK Ulil Albab Terakreditasi “A” untuk seluruh program keahlian
4. Alamat
SMK Ulil Albab terletak di Jl. Raya Kebarepan Blok Pegambuan No. 10 Kasugengan Lor Depok Kabupaten Cirebon 45155
5. Sarana& Prasarana
a. Dibantu Penempatan Kerja
b. Gedung Milik Sendiri
c. Kelas Megah
d. Lab. Komputer & Multimedia
e. Pembelajaran dilengkapi dengan LCD Proyektor
f. Staff Pengajar Profesional & Praktisi Perusahaan
g. Hotspot / WiFi Area
h. Program Kedisiplinan
i. Dilengkapi dengan Sound di Setiap Kelas
j. Free Parking
k. Lapangan Basket dan putsal
l. Lab. Semua Jurusan
m. Koperasi
n. Bank Mini
o. Kantin
BAB III
PELAKSANAAN PPL PPG DALAM JABATAN
A. Perencanaan Pembelajaran
a. Kegiatan Non mengajar
1. Mengisi Materi OSIS SMK ULIL ALBAB
a) Persiapan
Pembina OSIS merupakan Salah satu jabatan tambahan guru yang mempunyai tugas membina kegiatan OSIS dari segi persiapan dampai evaluasi dari seluruh program kerja OSIS dan memastikan OSIS bejalan semestinya.
b) Pelaksanaan
Setiap minggu terjadwal pembinaan OSIS SMK ULIL ALBAB sebanyak 2x pertemuan untuk memberikan materi dan mengontrol kegiatan OSIS di SMK ULIL ALBAB.
Terdapat beberapa hambatan dalam membina OSIS SMK ULIL ALBAB, antara lain :
1) Kegiatan sekolah dihentikan sehingga seluruh program kerja tidak bisa dilakukan
2) Pembinaan yang tidak bisa tatap muka sehingga kurang maksimal
c) Rencana Tindak Lanjut
1) Mendiskusikan dengan seluruh anggota OSIS alternatif kegiatan OSIS di masa pandemi
2) Mengupayakan dan memaksimalkan pembinaan melalui Google Meet bisa maksimal
2. Pembimbing Prakerin
a) Pelaksanaan
Mahasiswa membantu pelaksanaan kegiatan Prakerin dengan memberikan pengarahan melaui google meet agar siswa ketika sudah berada di tempat prakerin bisa menjaga sikap dan attitudenya. Setelah memberikan pengarahan di hari berikutnya mahasiswa mengantarkan anak-anak prakerin ke tempat prakerinnya yang sudah ditentukan oleh sekolah.
b) Kendala Yang Dialami
1) Pembekalan Prakerin kurang maksimal karena tidak bisa tatap muka sehingga pengarahan terganggu oleh jaringan internet yang kurang bagus.
2) Proses pengantaran prakerin yang terhambat karena tempat prakerin meminta seluruh siswa harus di rapid test terlebih dahulu.
c) Rencana Tindak Lanjut
1) Memebrikan pembekalan prakerin secara tatap muka dengan bergiliran dan menjaga protokol kesehatan agar lebih maksimal
2) Sekolah menyiapkan administrasi lebih lengkap untuk ke deannya.
b. Permasalahan dan ulasan dalam perencanaan pembelajaran
Permasalahan dan ulasan dalam perencanaan pembelajaran yaitu :
1. Mahasiswa harus mempersiapkan perangkat pembelajaran dalam waktu yang relatif singkat yaitu RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan evaluasi.
2. Mahasiswa harus berkoordinasi dengan pihak sekolah dan peserta didik untuk menentukan jadwal pembelajaran yang sesuai.
3. Mahasiswa mengalami kesulitan ketika membuat soal berbentuk HOTS yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di sekolah, karena peserta didik belum terbiasa dengan soal berbentuk HOTS.
4. Mahasiswa mengalami kesulitan ketika menentukan aplikasi perekaman layar pada saat pembelajaran daring.
B. Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing dan Mandiri
a. Pembimbingan Guru Pamong
Pembimbingan oleh guru pamong dilakukan secara sinkronus melalui google meet dan secara asinkronus melalui whatsapp group. Pembimbingan sangat bermanfaat untuk mahasiswa agar mampu mengembangkan keterampilan dan potensi dalam pengajaran. Pembimbingan bertujuan pula membantu mengatasi kesulitan mahasiswa dalam pelaksanaan program PPL. Pembimbingan dilaksanakan selama pelaksanaan PPL dari tanggal 14 Oktober – 16 November 2020.
b. Pembimbingan Dosen Pembimbing Lapangan
Pembimbingan oleh Dosen Pembimbing Lapangan dilakukan secara sinkronus melalui google meet dan secara asinkronus melalui whatsapp group. Pembimbingan sangat bermanfaat untuk mahasiswa agar mampu mengembangkan keterampilan dan potensi dalam pengajaran. Pembimbingan bertujuan pula membantu mengatasi kesulitan mahasiswa dalam pelaksanaan program PPL. Pembimbingan dilaksanakan selama pelaksanaan PPL dari tanggal 14 Oktober – 16 November 2020.
Dalam melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa menerapkan seluruh keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki, menerapkan teori yang didapat selama kegiatan Workshop serta menyesuaikan diri dengan lingkungan pembelajaran di SMK Ulil Albab untuk memberikan yang terbaik. Model pembelajaran sangat mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penentuan model pembelajaran yang akan digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Pelaksanaan pembelajaran dilalui melaluitahap:
1. Membuka pelajaran
Tujuan membuka pelajaran adalah agar siswa siap untuk melakukan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Baik secara fisik maupun secara mental.Membuka pelajaran meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut:
1) Membuka pelajaran dengan mengucap salam danberdo’a
2) Mengetahui kondisi siswa dan mempresensisiswa
3) Melakukan apersepsi materiterkait
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akandicapai
2. Menyampaikan materipelajaran
Penyampaian materi melalui google meet diawali dengan menampilkan video pembelajaran dan materi dalam bentuk power point kepada peserta didik, lalu peserta didik menggali informasi tentang materi melalui buku pegangan yang dimiliki. Setelah itu, dilakukan konfirmasi pemahaman siswa dengan penjelasan mahasiswa lalu peserta didik mengerjakan soal LKPD secara berkelompok.
3. Penggunaanbahasa
Selama mengajar, mahasiswa berusaha menggunakan bahasa yang mudah dimengerti peserta didik tanpa meninggalkan ejaan baku bahasa Indonesia.
4. Penggunaanwaktu
Waktu pelajaran dialokasikan untuk kegiatan pendahuluan, inti dan penutup sesuai dengan jadwal pelajaran.
5. Cara memotivasisiswa
Cara memotivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar adalah dengan memberikan pujian, kata-kata positif dan memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
6. Teknikbertanya
Teknik bertanya yang digunakan adalah dengan memberikan pertanyaan terlebih dahulu dan kemudian baru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab, ketika tidak ada yang bersedia maka guru menunjuk salah satu dari mereka untuk menjawab pertanyaan tersebut
7. Teknik penguasaankelas
Teknik penguasaan kelas yang dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan mengintruksikan kepada peserta didik untuk mengaktifkan kamera selama pembelajaran daring berlangsung. Dengan demikian diharapkan mahasiswa bisa memantau apakah peserta didik konsentrasi mengikuti pelajaran atau tidak. Ketika mahasiswa menjelaskan dan peserta didik kurang memperhatikan maka mahasiswa menegur peserta didik yang bersangkutan.
C. Analisis Hasil Pelaksanaan dan Evaluasi
a. Pelaksanaan Program
Pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2020 di SMK Ulil Albab berlangsung kurang lebih 5 minggu. Seluruh program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar. Kelancaran dan keberhasilan setiap program sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan dan pemanfaatan potensi individu masing-masing dalam melaksanakan program kerja. Selain itu semangat serta dukungan dari berbagai pihak sangat berpengaruh terhadap terselesaikannya program PPL yang telah direncanakan.
Rencana-rencana yang telah disusun oleh mahasiswa telah seluruhnya terlaksana, baik itu untuk metode maupun media. Hanya karena waktu yang sangat singkat dalam pelaksanaan PPL maka tidak semua konsep tersampaikan. Adapun hasil yang diperoleh selama mahasiswa melakukan praktik mengajar adalah sebagai berikut:
1. Mahasiswa dapat berlatih membuat dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk setiap materipokok.
2. Mahasiswa belajar untuk mengembangkan materi, media dan sumber pelajaran, serta belajar merancang strategipembelajaran.
3. Mahasiswa belajar menetapkan tujuan dan bahanpembelajaran.
4. Mahasiswa belajar untuk memilih serta mengorganisasikan materi, media dan sumber belajar.
5. Mahasiswa belajar untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan mengelola kelas secara daring.
6. Mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam hal ketrampilan mengajar, seperti pengelolaan tugas-tugas rutin, pengelolaan waktu, komunikasi dengan siswa, serta mendemonstrasikan metodebelajar.
7. Mahasiswa berlatih melaksanakan evaluasi dan penilaian hasilbelajar.
8. Mahasiswa dapat belajar tentang pembuatan administrasi guru, seperti Rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan evaluasi.
Berdasarkan hasil kegiatan PPL selama 3 kali pertemuan, mahasiswa mendapat ilmu berharga, yaitu perlunya rencana dan persiapan yang matang untuk mengajar denganbaik.
Adapun analisis hasil pelaksanaan mahasiswa setelah Praktik Pengalaman Lapangan adalah sebagai berikut:
Analisis Hasil
Secara umum, hambatan-hambatan atau masalah yang timbul pada kegiatan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dialami mahasiswa antara lain:
1. Pada penampilan pertama mahasiswa merasa nervous karena dihadapkan pada 33 siswa dengan berbagaikarakter.
2. Pembelajaran dilakukan secara daring dan mahasiswa harus melakukan perekaman selama mengajar.
3. Ada beberapa siswa yang terlihat kurang suka dengan aktivitas diskusi sehingga mahasiswa harus mengatur strategi agar siswa tersebut mau menyukai terlebih dahulu apa yang akan diakerjakan.
4. Beberapa siswa terkadang ada yang terlambat bahkan tidak mengikuti kegiatan prosespembelajaran.
5. Siswa menganggap bahwa soal yang disajikan terlalu sulit karena soal yang diberikan adalah soal berbasis HOTS.
b. Penanggulangan Masalah
Setelah menemui hambatan-hambatan tersebut di atas, mahasiswa berusaha mencari solusi untuk mengatasi atau setidaknya meminimalisasikan hambatan-hambatan tersebut. Adapun cara yang ditempuh mahasiswa antara lain:
1. Lebih mempersiapkan mental, penampilan serta materi agar lebih percaya diri dalam melaksanakan kegiatan praktikmengajar.
2. Mempelajari aplikasi perekam layar yang mudah digunakan pada saat pembelajaran daring.
3. Mendesain materi semenarik mungkin agar peserta didik, khususnya mereka yang kurang aktif dalam diskusi kelompok, lebih tertarik lagi untuk mengikutipelajaran. Melakukan pendekatan secara individual dengan siswa yang kurang menyukai diskusi serta memberikan suatu motivasi ataupun menjalin keakraban dengan siswa tersebut sehingga siswa mulai menyukai kegiatandiskusi.
4. Menanyakan kepada siswa yang terlambat dan yang tidak mengikuti pembelajaran apa alasan mereka melakukan hal tersebut, kemudian memberikan masukan-masukan agar kedepannya mereka tidak mengulangilagi.
5. Mahasiswa berusaha memberikan penjelasan yang sesederhana mungkin, mengikuti alur pemikiran siswa agar siswa lebih mudah paham. Akan tetapi jika masih ada siswa yang belum bisa memahami apa yang telah diberikan, mahasiswa memberikan waktu luang pada siswa untuk bisa bertanya di luar jam pembelajaran melalui whatsapp.
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan uraian dan penjelasan yang telah disampaikan, pengalaman yang diperoleh selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Ulil Albab Cirebon selama kurang lebih limaminggu, yakni terhitung mulai 14 Oktober 2020 sampai dengan 16 November 2020 mahasiswa dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut:
a. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) PPG Dalam Jabatan adalah suatu program dalam pendidikan calon guru profesional yang dirancang untuk melatih para calon guru profesional menguasai keterampilan mengajar yang utuh dan terintegrasi, sehingga setelah menyelesaikan pendidikanya mereka siap secara mandiri mengemban tugas sebagai tenaga pendidik yang profesional.
b. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) PPG Dalam Jabatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Dalam Jabatan khususnya Pendidikan Matematika dan FKIP dari jurusan lain yang telah mengikuti workshop dan memenuhi persyaratan yang ada.
c. Selama kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Mahasiswa PPL memperoleh banyak sekali pengalaman dan pengetahuan tentang seluk-beluk menjadi seorang guru yang mampu memenuhi harapan peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran.
d. Seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran harus memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dengan baik agar suasana kelas lebih kondusif untuk belajar.
e. Sebelum melaksanakan pembelajaran, mahasiswa PPL PPG Dalam Jabatan harus mempersiapkan perangkat pembelajaran.
f. Selain melakukan kegiatan belajar mengajar, mahasiswa juga mengikuti kegiatan non pembelajaran seperti :menjadi pembina osis, pembimbing prakerin.
B. Saran
Untuk menciptakan sebuah sekolah yang maju dan berprestasi, SMK Ulil Albab Cirebonharus mampu bersaing dengan sekolah lain agar dapat menghasilkan lulusan yang cerdas dan profesional. Selain itu, sekolah juga diharapkan mampu berkarya dan berprestasi di segala bidang. Untuk mempertahankan prestasi dan mutu sekolah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:
1. Mempertahankan kualitas tenaga pengajar yang profesional.
2. Meningkatkan mutu pendidikan dengan senantiasa memperbarui atau menambah sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran.
3. Menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan baik dan meminimalisir jam kosong
4. Meningkatkan kekhasan SMK Ulil Albab dengan kedisiplinan siswanya agar lebih baik lagi.
0 Response to "CONTOH LAPORAN PPL KEGIATAN PPG 2020"
Post a Comment